Minggu, 09 Juni 2013

[medicastore.com] Newsletter Kesehatan 10-06-2013 : Jajan Sembarangan, Awas Infeksi Saluran Cerna & Diare

Klik di sini untuk tampilan yang lebih sempurna

Logo-Medicastore
Artikel Terbaru
Anda menerima newsletter ini karena tergabung sebagai member medicastore.com

Dulu waktu kuliah D3 pernah suatu hari ku sakit diare. Seingetku dulu hari selasa deh ya, ku berangkat dari rumah di gresik buat kuliah di surabaya. Waktu di rumah udah BAB beberapa kali, dan asal tau aja ku berangkat ke kos di surabaya naik angkot dengan perjalanan 1-1,5 jam dan itu sambil nahan BAB. Kalau ditanya gimana rasanya dan kok bisa, serius ku gak tau jawabnya, butuh tekad kuat biar gak "kelepasan" hihihihi.

 

Sesudah sampai kos dengan setengah lari, ketemulah dengan kamar mandi yang untungnya gak ada yg makek buat pup. Di kos udah lebih dari 5 kali BAB, setelah laporan orang tua disuruh balik lagi ke gresik. Ya Allah perjalanan pulang ini bener2 lebih parah daripada waktu berangkat, angkutan banyak ngetem lah jalan lambatlah. Aku disuruh turun di jalan dekat rumah sakit punya perusahaan BUMN lah, soalnya ayah dan adekku lagi kontrol disana. Sampai di tempat janjian dijemput ayah, udah didaftarin tinggal nunggu panggilan aja. Di rumah sakit aku udah lari aja ke kamar mandi eh pake ada acara kamar mandi lagi di pake.

 

Nunggu dipanggil kok lama dan aku udah lemes buanget, bilang ke ayah buat ke UGD ajah, udah gak kuat, ayah sempet bilang aku manja gak mau nunggu tapi tetep dianterin juga, sampe di UGD sama dokter jaganya ditanya2 dan akhirnya tes urine ma darah. Itu tangan udah dipasang alat yg buat masuknya cairan infus. Pengalaman terakhir kayak gini berakhir dengan opname. Nunggu observasi lumayan lama, berhubung udah lemes banget ku udah tidur2 gitu keganggu dikit ma temennya ayah yang cerita2 mulu walaupun syukur ada temennya kan ayah ma adek lagi periksa juga. Setelah ada hasil tengtingteng aku harus opname karna dehidrasi, tu kaaaan beneran kaaan. Lucunya itu berhubung aku gak dapet kamar adanya di paviliun yang gedungnya beda dan itu ku naik ambulance buat kesana. Hahaha hanya diare ajah pake naik ambulance dan harus juga naik kursi roda. Pengalaman yang lucu.(sumber : mainameisdewdew.blogspot.com)

 

Banyak yang mengira diare sering dialami anak kecil karena mereka tidak menjaga kebersihan dengan baik. Tetapi diare bisa menyerang siapa saja, terutama untuk mereka yang sering jajan sembarangan. Untuk selengkapnya bisa dilihat pada artikel terbaru dari medicastore.com yang berjudul :

 

Jajan Sembarangan, Awas Infeksi Saluran Cerna & Diare

 

Berikut adalah beberapa jenis kuman penyebab infeksi saluran cerna yang mungkin telah diketahui :

 

  • Bakteri Salmonella menyebabkan terjadinya 1-5 juta kasus diare di Amerika Serikat setiap tahun. Bakteri ini merupakan penyebab utama terjadinya keracunan makanan & sering ditemukan pada daging ayam & telur mentah.
  • Bakteri Shigella sangat menular & mudah disebarkan melalui satu orang ke orang lainnya. Bakteri tersebut menyerang dinding saluran cerna & dapat menimbulkan luka yang mengeluarkan darah. Infeksi bakteriShigella merupakan penyebab dari > 160 juta kasus diare di seluruh dunia.
  • Bakteri E.coli ditemukan di saluran cerna hewan & manusia. Beberapa strain dari bakteri ini mengeluarkan toksin yang dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan jiwa pada anak-anak & orang lanjut usia. Strain lainnya dapat menyebabkan penyakit diare yang lebih ringan (traveler's diarrhea). Infeksi bakteri E.coli disebarkan melalui kontak langsung dari orang ke orang atau makanan & minuman yang terkontaminasi, seperti misalnya daging yang dimasak kurang matang atau mengkonsumsi buah yang tidak dicuci & terkontaminasi oleh pupuk hewan.
  • Parasit Giardia, yang menyebar cukup mudah melalui air yang terkontaminasi & kontak manusa, merupakan penyebab umum lainnya dari penyakit infeksi diare di Amerika Serikat. Parasit ini dapat menyebar di kolam renang & taman bermain air karena resisten terhadap klorin. Mandi & mengkonsumsi air dari danau / sungai yang telah terkontaminasi juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi & diare kronis. Balita yang  dititipkan di tempat penitipan anak juga sering terinfeksi parasit Giardia ini & membawa pulang parasit tersebut, yang menyebabkan terjadinya diare pada anggota keluarga lainnya.
  • Parasit Cryptosporidium, merupakan parasit lain yang menjadi penyebab terjadinya epidemik diare di tempat penitipan anak & tempat umum lainnya. Parasit Cryptosporidium sering menyebabkan terjadinya diare cair yang dapat berlangsung hingga > 2 minggu.

Untuk berhenti menerima newsletter ini, maka anda harus Log in dahulu di website medicastore (kanan atas), caranya : 
- Isi alamat email & password yang digunakan 
- Klik Log in 
- klik Update Data 
- Pada Layanan: hilangkan tanda centrang dari newsletter 
- Klik submit


Copyright © 2013 - Medicastore.com

--
--
Anda menerima email ini karena terdaftar sebagai member medicastore atau bergabung dalam group ini.
Untuk unsubscribe dari group ini atau tidak mau menerima email dari medicastore di luar proses transaksi di apotik medicastore, kirim email ke
medicastore+unsubscribe@googlegroups.com
 
---
Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "Medicastore" dari Grup Google.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke medicastore+berhenti berlangganan@googlegroups.com .
Untuk opsi lainnya, kunjungi https://groups.google.com/groups/opt_out.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar