Minggu, 05 Februari 2012

[medicastore.com] Newsletter Kesehatan 30-01-2012 : Tips Hidup Sehat pada Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik ( PPOK )

  nl-april
     
 

   Jika batuk berdahak tak kunjung sembuh lebih dari sebulan, napas sesak atau tak kuat naik lantai padahal baru satu lantai, Anda patut curiga terkena Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). PPOK adalah penyakit yang ditandai dengan keterbatasan aliran udara di saluran nafas dan bersifat progresif.
Penyebabnya adalah inflamasi paru akibat paparan gas berbahaya, rokok, asap polusi atau pembakaran. Gejalanya yaitu sesak nafas, batuk kronik, aktivitas memburuk, dan kondisi paru-paru yang abnormal (menggembung). Menurut WHO, PPOK menduduki urutan ke-5 penyebab kematian.
"Penyakit ini dapat dicegah dan diobati, tapi tidak bisa disembuhkan. Dokter hanya bisa menolong, bukan menyembuhkan," ujar Prof dr Hadiarto Mangunnegoro, SpP(K), FCCP, dalam acara seminar 'Jangan Sepelekan PPOK' di Rumah Sakit Asri, Jakarta, Sabtu (21/11/2009).
Menurut Prof Hadiarto, pemicu utama PPOK adalah rokok. "Jadi kalau nggak mau kena penyakit ini, kebiasaan pertama yang harus dihilangkan adalah rokok, kedua rokok, ketiga juga rokok," ujar Hadiarto.
PPOK akan semakin parah kalau faktor-faktor penyebabnya tadi berada di ruang tertutup, seperti dalam ruangan. "Makanya itu kenapa orang-orang sekarang yang kena PPOK jauh lebih tinggi jumlahnya dibanding zaman dulu, itu karena orang sekarang lebih banyak tinggal di apartemen, selain karena polusi yang tinggi, terutam di Jakarta" ujarnya. (sumber : profhadiarto.com).


 

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau yang dikenal juga dengan Chronic obstructive pulmonary disease (COPD) penyebab utamanya diakibatkan oleh rokok, selain itu dapat juga karena polusi debu & asap dari pembakaran ataupun kendaraan bermotor. Supaya penderita penyakit PPOK tersebut dapat tetap hidup dengan berkualitas, maka ada tips-tips yang dapat dilakukan. Untuk itu dapat dilihat pada artikel terbaru dari medicastore yang berjudul :

Tips Hidup Sehat pada Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik ( PPOK )

Berikut adalah sebagian tips hidup sehat untuk penderita PPOK  :

  1. Berhenti Merokok

Paparan polusi udara terus menerus memang faktor utama yang menyebabkan PPOK, tetapi merokok sama juga dengan paparan polusi. Ketika paru paru itu sendiri sudah mengalami kerusakan sebaiknya kita menghindarkan hal – hal yang dapat membuatsemakin parah seperti merokok.

 

  1. Konsumsi obat – obatan secara teratur

Obat – obatan untuk PPOK memang tidak dapat menimbulkan efek secara spontan, namun yang terutama adalah ketaatan untuk terus mengkonsumsinya. Mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu ataupun bahkan berbulan bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan . Saat ini obat – obatan untuk PPOK sangat mudah digunakan karena dikemas dalam bentuk inhaler.

 

  1. Perhatikan Berat Badan

Pada penderita PPOK maka sangat terbatas sekali energinya, sehingga dengan penambahan berat badan yang berlebihan akan meningkatkan beban kerja tubuh dan mempersulit pernapasan.

 
 

 

  member full akses  
   
 
 
Lindungi Remaja dari Bahaya Rokok
Saatnya Lepas dari Jeratan Rokok
Laki-laki, Polusi Udara & Kanker
 
 
Penyakit Paru Ostruktif Menahun
Penyakit Paru Akibat Pekerjaan
 
 
Ingin ngobrolin tentang masalah kesehatan, yuk gabung disini : http://www.medicastore.com/forum
 

 

 
Copyright © 2012 Medicastore.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar