Minggu, 20 Februari 2011

[medicastore.com] Newsletter Medicastore : Pikun atau Dementia, penyakit orang tua ? 20 februari 2011

nl-februari
     
 
Seorang wanita pada usia awal 50-an dibawa kerumah sakit karena perubahan tingkah lakunya. Keluarga wanita tersebut melaporkan bahwa dia memiliki masalah pada daya ingatnya & mempunyai rasa iri yang besar serta menjadi tidak mengenal waktu & sering menyembunyikan barang-barang. Pada saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter, wanita tersebut tidak dapat mengingat nama suaminya, tahun berapa saat itu atau sudah berapa lamai dia berada di rumah sakit. Wanita tersebut masih dapat membaca, tetapi kesulitan untuk memahami apa yang dibaca & tertekan karena hal yang tidak biasa. Terkadang bahkan ia menjadi mudah marah & mempunyai halusinasi ataupun ketakutan yang tidak masuk akal.

Wanita tersebut yang bernama Auguste D., adalah pasien pertama yang dilaporkan mempunyai penyakit yang disebut dengan penyakit alzheimer (sesuai dengan nama dokter jerman yang pertama menjelaskan penyakit tersebut, yaitu Alois Alzheimer). Setelah Auguste D. meninggal dunia pada tahun 1906, dokter memeriksa kondisi otaknya & menemukan bahwa otaknya terlihat mengecil & terdapat beberapa hal yang tidak biasa, termasuk adanya gumpalan protein yang disebut dengan plak & serat-serat kusut didalam sel syarafnya. (diambil dari : medicinenet.com)

Kehilangan ingatan merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita pikun/dementia. Akan tetapi bukan berarti orang yang sering lupa adalah penderita pikun/dementia. Orang yang menderita pikun/dementia biasanya mempunyai masalah serius dengan 2 atau lebih dari fungsi otaknya, seperti misalnya masalah pada ingatan atau kemampuan berbicara. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada artikel kesehatan terbaru dari medicastore yang berjudul :


Klik disini

Pikun/dementia dapat menyebabkan berbagai gangguan pada penderita ataupun keluarganya. Banyak dari gangguan tersebut akibat adanya kehilangan ingatan. Beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita pikun/dementia terdapat dalam daftar berikut (meskipun tidak semua penderita mengalaminya), yang medicastore ambil dari familydoctor.org :

  • Kehilangan ingatan yang baru terjadi.
  • Kesulitan mengerjakan pekerjaan sehari-hari.
  • Kesulitan berbicara.
  • Disorientasi tempat & waktu.
  • Penilaian yang kurang sesuai.
  • Bermasalah dengan pemikiran abstrak.
  • Salah meletakkan benda.
  • Perubahan suasana hati.
  • Perubahan kepribadian.
  • Kehilangan inisiatif.
  member full akses  
  medicastore.com   pemenang kuis nutracare periode november 2010
 
 
Kaitan Penyakit Kardiovaskular, Hiperkolesterolemia, dan Pola Hidup Sehat
Waspadai Hipertensi, Si Pemicu Penyakit Kelas Berat
Hari Alzheimer Sedunia 2007: No time to lose
 
 
Delirium
Alzheimer
Penyakit Huntington (korea Huntington)
Penyakit Creutzfeldt-Jakob (Sapi Gila)
 
 
Ingin ngobrolin tentang masalah kesehatan, yuk gabung disini : http://www.medicastore.com/forum
 
Copyright © 2011 Medicastore.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar