Kamis, 08 November 2012

[medicastore.com] Newsletter Kesehatan 09-11-2012 : Sakit Kepala Karena Hormon ?

  Klik di sini untuk tampilan yang lebih sempurna  
Logo-Medicastore

Informasi Obat dan Penyakit terlengkap di Indonesia, Apotik Online terlengkap dengan lebih dari 5000 jenis obat, informasi dokter spesialist terlengkap

 

Artikel Terbaru

November 2012
 
 
Anda menerima newsletter ini karena tergabung sebagai member medicastore.com

Newsletter Kesehatan : Sakit Kepala Karena Hormon ?

 

Sewaktu hamil anak pertama, keluhan yang dirasa di trimester pertama adalah mual-mual. Aku juga merasakan sakit kepala seperti migraine beberapa kali saat kandungan umur 5 bulanan. Untuk sakit kepala ini, dokter membolehkan minum obat parasetamol karena tidak akan berpengaruh buruk pada janin.

 

Di kehamilan kedua, sakit kepala yang aku rasakan di trimester pertama bukan seperti migraine (menusuk-nusuk), melainkan puyeng, keleyengan seperti melayang dan mau jatuh atau pingsan.

 

Saya sampaikan keluhan ini ke dokter, katanya, "Itu mah biasa, tidak perlu khawatir." Dan dokter tidak memberikan obat apapun untuk meredakan keluhan ini.

 

Tidak ada yang bisa dilakukan saat puyeng kecuali berbaring agar tidak jatuh mencelakai diri. Disarankan juga berbaring menghadap ke kiri karena akan memaksimalkan aliran darah ke jantung dan otak. Ini akan mencegah pingsan dan menghilangkan sensasi puyeng. Jika merebahkan diri tidak memungkinkan, segera duduk dan taruh kepala di lutut.

 

Tidak disarankan juga untuk berdiri mendadak/ terlalu cepat, berbaring terlentang (sebaiknya menghadap ke samping), menahan batuk atau kencing, kekurangan cairan atau makanan, kepanasan, berolahraga terlalu keras. (sumber : ndoys.com)

 

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya sakit kepala pada pria & wanita, termasuk diantaranya adalah usia & riwayat kesehatan keluarga. Akan tetapi pada wanita, sering kali terdapat kaitan antara sakit kepala & perubahan hormon. Untuk mengetahui lebih jelas lagi dapat dilihat pada artikel terbaru dari medicastore.com yang berjudul :

 

Sakit Kepala Karena Hormon ?

 

Pada wanita terdapat hormon estrogen & progesteron, yang berperan untuk mengatur siklus menstruasi & kehamilan. Hormon-hormon ini dapat mempengaruhi zat kimia di otak yang berkaitan dengan sakit kepala. Seperti misalnya, kadar hormon estrogen yang tinggi membantu meringankan sakit kepala, sedangkan kadar hormon estrogen yang rendah dapat memperburuk sakit kepala yang dialami.

 

Meskipun demikian, bukan berarti setiap sakit kepala yang dialami oleh wanita, disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Untuk itu disarankan pada para wanita yang seringkali mengalami sakit kepala untuk membuat jurnal yang mencatat kejadian sakit kepalanya tersebut. Kemudian buat juga catatan mengenai siklus menstruasi (setidaknya 3 siklus menstruasi). Dari situ baru bisa dilihat apakah sakit kepala yang dialami berkaitan dengan siklus menstruasi atau tidak.

 

Bila ternyata hal tersebut berkaitan, jangan putus asa karena doker dapat membantu untuk mengatasi atau bahkan mencegah terjadinya sakit kepala karena hormon tersebut.

 

 

Untuk berhenti menerima newsletter ini, maka anda harus Log in dahulu di website medicastore (kanan atas), caranya :
- Isi alamat email & password yang digunakan
- Klik Log in
- klik Update Data
- Pada Layanan: hilangkan tanda centrang dari newsletter
- Klik submit

 

   
 

Produk Terkait

 
 

Promo Terkait

 
» Diskon 30 % Glucometer GlucoDR sampai akhir November
» Diskon 20% Suplemen Enerlife 15 s/d 30 November
» Diskon 30 % all Item Nutracare dan Buy 1 get 1 untuk Nutracare CoQ10
» New Comer kosmetika Derma E diskon 24% & dapatkan 1 produk free tertentu sampai akhir November
» Buy 1 get 1 untuk produk Cleanse & Rich C
» Buy 1 get 1 Nature's Care Propolis dan Colustrum
 

Artikel Terkait

 
» Siklus Menstruasi, Mana Yang Normal & Yang Tidak normal
» Saat Haid Datang Tidak Teratur (Oligomenore)
» Endometriosis, Jangan Sepelekan Nyeri Haid
 

Penyakit Terkait

 
» Hormon & Reproduksi
» Masalah Ovulasi
» Masalah Tuba Falopi
   
 

Forum Medicastore

 
» Ingin ngobrolin tentang masalah kesehatan, yuk gabung disini : http://www.medicastore.com/forum
 

 

 
Copyright © 2012 Medicastore.com  
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar