Minggu, 04 Desember 2011

[medicastore.com] Newsletter Kesehatan 30-11-2011 : Bagaimana Pola Makan pada Penyandang DM ??

nl-april
     
 

     Berawal dari kegiatan jalan pagi, juga perkenalan dengan sesama pasien saat menunggu giliran pemeriksaan dokter di rumah sakit, kami menyusun perkumpulan atas bimbingan para dokter di Klinik Diabetes Terpadu RS Dr H Marzoeki Mahdi. Kegiatan rutin bersama teman-teman sesama pasien dan para dokter ahli ini ternyata bisa menjadi bagian terapi ampuh bagi saya. Terpacu oleh hal-hal kecil yang bisa saya lakukan untuk membantu pasien diabetes yang lain, ternyata semakin menguatkan komitmen dan disiplin dalam menegakkan cara-cara terapi yang ditentukan dokter.

     Setelah sekian tahun bergaul dan belajar dengan para 'guru' saya di klinik diabetes; akhirnya sampailah pada sebuah kesimpulan bahwa pengelolaan diabetes tidak mungkin sepotong-sepotong, hanya minum obat saja atau hanya mengatur pola makan thok sebagaimana yang selama ini saya jalani. Ada 5 pilar yang harus ditegakkan secara serentak, yaitu cek gula darah teratur, mimun obat diabetes jika diperlukan, mengatur pola makan, berolahraga secara teratur dan terukur, dan edukasi atau selalu menambah pengetahuan dengan info terkini diabetes. Memang sulit dibayangkan, tetapi dengan pengarahan dua orang dokter, saya ternyata bisa dengan mudah menjalaninya.

     Atas dukungan istri, di rumah pun kini saya bisa mempraktikkan pelajaran yang saya dapat dari klinik. Pertama, mengusahakan makanan tidak digoreng, tetapi dikukus, direbus, dibakar, atau dipanggang. Kemudian tidak semata-mata memilih makanan yang tidak manis, tetapi yang rendah kalori dan berkadar serat tinggi. Kini, sudah sekitar 3 tahun ini saya bisa mempertahankan kadar gula darah normal, tanpa obat-obatan diabetes yang sebelumnya sudah lebih dari 10 tahun menyertai kemana pun saya pergi. (sumber : www.nirmalamagazine.com).

 

Perkembangan penyakit diabetes berkaitan erat dengan pola hidup penyandangnya. Dengan mengatur pola makan & rutin melakukan aktifitas fisik dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga kualitas hidup penyandang diabetes pun akan lebih terjaga. Oleh karena itu, kali ini medicastore mencoba membuat artikel yang berkaitan dengan pola makan bagi penyandang diabetes, lebih lengkapnya dapat dilihat disini :

Bagaimana Pola Makan Pada Penyandang DM ??

Para penyandang diabetes harus mewaspadai asupan KARBOHIDRAT yang dikonsumsinya. Mengapa?

Hal ini karena diantara seluruh sumber kalori, karbohidrat memiliki peranan dominan dalam mensuplai jumlah gula dalam darah, terutama pati dan gula. Dalam pencernaan, karbohidrat akan diolah menjadi glukosa, glukosa inilah yang menjadi sumber energi utama dalam tubuh. Meskipun demikian, para penyandang diabetes, tidak perlu takut untuk mengkonsumsi karbohidrat atau bahkan sampai menghindarinya, yang perlu dilakukan adalah mengatur asupan karbohidratnya..

Pada diabetes type 1, jumlah kalori harus dihitung secara akurat untuk dapat diseimbangkan dengan dosis insulin yang dipakai. Pengukuran karbohidrat dilakukan dengan menimbang setiap makanan, karena setiap gram makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi jumlah glukosa dalam darah. Untuk penyandang diabetes type 2, pengaturan gula darahnya selain dengan insulin dapat juga dengan obat-obatan yang dikonsumsi secara oral.

 

  member full akses  
  kuis periode februari 2011    
 
 
 
Nutrisi Tepat, Hidup pun Sehat
Pola Makan Sehat dan Seimbang
Ragam Manfaat Air
 
 
Ikhtisar Gizi
Tabel Tinggi Badan – Berat Badan
Body Mass Index (BMI)
 
 
Ingin ngobrolin tentang masalah kesehatan, yuk gabung disini : http://www.medicastore.com/forum
 
Kinohimitsu
Activa
NatureHealth
NaturePlus
SuplemenKesehatanNatrol
SuplemenKesehatanNordic
SuplemenKesehatanWellness
BodyBuildingUniversal
SuplemenKesehatanTwinLab
SuplemenKesehatanZand
SuplemenKesehatanNatraBio
 
 
Copyright © 2011 Medicastore.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar