Kamis, 10 November 2011

[medicastore.com] Newsletter Kesehatan 11-11-2011 : Kondisi Ketoasidosis Karena Diabetes (KAD)

nl-april
     
 

     DM tipe 1 memang bukan kondisi yang umum terjadi. Akan tetapi, kondisi itu saat ini tengah merebak. Sehubungan dengan itu, Dr Aman Bhakti Pulungan SpA (K) mengimbau supaya masyarakat, terutama orang tua, selalu waspada.

     Penting untuk dicatat, lanjut Aman, anak DM tipe 1 yang mengalami komplikasi dapat memiliki gejala mirip dengan gejala usus buntu seperti sakit perut, muntah, dan kesadaran menurun (koma). Meski demikian, gejala DM tipe 1 punya ciri khas yaitu nafas anak berbau asam.

     "Ingat, DM tipe 1 rentan terhadap komplikasi penyakit. Dalam jangka pendek dikhawatirkan muncul hiperglikemia dan hipoglikemia. Pada kondisi hiperglikemia, kadar gula dalam darah terlalu banyak. Sebaliknya, pada kondisi hipoglikemia tubuh kekurangan kadar gula dalam darah. Di samping itu, penderita bisa mengalami ketoasidosis," jelas Ketua Perhimpunan Ahli Endokrinologi Anak Asia Pasifik ini.

     Ketoasidosis adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya, dan dapat menyebabkan kematian. Kondisi ini terjadi apabila kelebihan gula dalam tubuh terlalu berat sehingga dibentuk zat sampingan oleh tubuh berupa keton.

    Keton mengakibatkan darah menjadi asam dan dapat meracuni otak hingga kesadaran pasien menurun. "Kalau kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka anak akan mengalami koma diabetik, bahkan dapat mengakibatkan kematian," pungkas Aman. (sumber : koran_jakarta.com)
 

Kondisi ketoasidosis kadang sering disalah artikan dengan penyakit lain, sehingga dengan penanganan yang tidak tepat dapat malah memperburuk keadaan pasien. Untuk lebih mengetahui mengenai kondisi ketoasidosis tersebut, dapat dilihat pada artikel terbaru di medicastore yang berjudul :

Kondisi Ketoasidosis Karena Diabetes (KAD)

Kondisi diabetik ketoasidosis berkaitan erat dengan kadar keton yang tinggi dalam darah sehingga darah menjadi asam & meracuni tubuh.

Berikut adalah 3 penyebab dasar terjadinya kadar keton yang tinggi dalam tubuh :

  • Tidak cukup insulin. Mungkin insulin yang disuntikkan tidak mencukupi atau tubuh membutuhkan insulin lebih banyak dari biasanya karena adanya suatu penyakit.
  • Tidak cukup makanan. Ketika sedang sakit, kita sering merasa tidak ingin makan, yang dapat berakibat tingginya kadar keton. Kadar keton yang tinggi juga dapat terjadi ketika kita melewatkan waktu makan.
  • Reaksi dari insulin (kadar gula darah yang rendah). Jika hasil tes menunjukkan kadar keton yang tinggi di waktu pagi hari, berarti tubuh mengalami reaksi dari insulin ketika sedang tidur.

 

  member full akses  
  kuis periode februari 2011  
 
 
Diabetes Mellitus Tipe 1 pada anak Masih Kurang Dikenal Masyarakat
Pencegahan Komplikasi Kronik akibat Penyakit Metabolik & Endokrin
Pengendalian Diabetes Secara Mandiri
 
 
Diabetes Insipidus
Hipoglikemia (Kadar Gula Darah Rendah)
 
 
Ingin ngobrolin tentang masalah kesehatan, yuk gabung disini : http://www.medicastore.com/forum
 
 
 

 

 
Copyright © 2011 Medicastore.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar