Minggu, 20 November 2011

[medicastore.com] Newsletter Kesehatan 21-11-2011 : Waspadai Diabetes saat Kehamilan (Gestational Diabetes)

nl-april
     
 

     Saya waktu hamil anak pertama juga ada diabetes. Jadi memang konsultasinya harus dua dr, kandungan ama dr penyakit dalam. Dua bulan menjelang persalinan, aku mulai disuruh nyuntik insulin dua kali sehari...dosisnya yg paling kecil (4). Tapi ini penting kata dokternya...supaya bayinya ga gede banget.

     Alhamdulillah anak pertamaku lahir normal...beratnya juga ga terlalu gede, 3 kg. Dia lahirnya di minggu ke 37, agak awal sih tapi udah terbilang mateng (bukan bayi prematur)

     Sekarang aku hamil anak kedua...sama kasusnya, kadar gula naik lagi. Udah nyuntik insulin dari sebulan yg lalu. Lumayan turun sih kadar gula...sebelum puasa 80 abis makan 100. Sekarang dah masuk week 36 :) (diambil dari: m.weddingku.com)

 

Diabetes saat hamil, dapat terjadi pada siapapun, baik yang sudah terkena diabetes sebelum hamil ataupun yang belum pernah menderita diabetes. Cara terbaik untuk mencegah supaya tidak terkena adalah dengan dengan menjaga pola hidup & pola makan. Untuk selengkapnya dapat dilihat pada artikel terbaru di medicastore yang berjudul :

Waspadai Diabetes saat Kehamilan (Gestational Diabetes)

Gestational diabetes selain berbahaya bagi janin dalam kandungan, juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Berikut adalah komplikasi gestational diabetes yang dapat terjadi pada sang ibu :

  • Tekanan darah tinggi, preeclampsia dan eclampsia. Gestational diabetes akan meningkatkan resiko ibu untuk mengalami tekanan darah yang tinggi selama kehamilan. Hal tersebut juga akan meningkatkan resiko ibu untuk terkena preeclampsia dan eclampsia, yaitu 2 buah komplikasi serius dari kehamilan yang menyebabkan naiknya tekanan darah & gejala lain, yang dapat membahayakan ibu maupun sang buah hati.
  • Diabetes di kemudian hari. Jika mengalami gestational diabetes, maka kemungkinan besar akan mengalami kembali pada kehamilan berikutnya. Selain itu, ibu juga beresiko untuk menderita diabetes tipe 2 di kemudian hari. Akan tetapi dengan mengatur gaya hidup seperti makan makanan yang bernutrisi & berolahraga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 nantinya. Untuk wanita dengan riwayat gestational diabetes, yang berhasi menurunkan berat badan hingga ideal setelah melahirkan, maka resikonya untuk terkena diabetes tipe 2 hanya kurang dari 1 per 4 wanita.

 

  member full akses  
  kuis periode februari 2011  
 
 
Olahraga pada Masa Kehamilan
Nyeri Payudara saat Menyusui (Mastitis)
Persalinan Water Birth
 
 
Faktor Resiko yang Ada Sebelum Kehamilan
Faktor Resiko yang Berkembang Selama Kehamilan
 
 
Ingin ngobrolin tentang masalah kesehatan, yuk gabung disini : http://www.medicastore.com/forum
 
 
 

 

 
Copyright © 2011 Medicastore.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar